Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif

Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif - Mungkin anda pernah menemukan, perangkat anda keadaan dalam nonaktif atau disable, dan seketika andapun merasa panik, karena biasanya iPhone, iPad dan iPod touch menampilkan waktu jeda beberapa menit sebelum anda kembali memsukan Passcode biasanya tergantung berapa kali kesalahan terjadi, semakin banyak, berarti semakin lama anda menunggu, mungkin anda lupa atau teman anda yang meminjam perangkat anda berusaha memasukan membuka perangkat anda dengan menebak dan memasukan kode yang salah.

Terjadinya hal ini karena disebabkan anda salah memasukan passcode yang telah diatur sebelumnya melalui aplikasi setting, untuk melindungi atau menjaga privasi di perangkat anda. Dengan memcoba meng-input passcode selama 6 kali secara berturut-turut, secara otomatis iPhone, iPad dan iPod touch yang menjalankan sistem operasi iOS 8, akan menanpilkan "is Disabled" atau "Nonaktif".

Untuk memperbaiki masalah ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya, kita mulai yang sederhana, jika penyebab masalah karena orang lain atau teman anda, sebaiknya anda menunggu waktu jeda sebelum anda diminta kembali untuk memasukan passcode, kemudian selanjutnya masukan passcode yang benar untuk membuka perangkat anda.

Namun, jika anda benar-benar lupa dengan passcode yang anda set sebelumnya,  ada tidak pilihan cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki Memperbaiki atau mereset iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif.

Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif

Cara pertama dengan menggunakan iTunes untuk pemulihan

Tapi perlu anda ketahui menggunakan cara ini, hanya berlaku jika anda pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya pada komputer yang terinstall iTunes.

Step 1 :  Hubungkan iPhone, iPad atau iPod touch anda ke komputer menggunakan kabel USB, tapi ingat komputer yang pernah anda sinkronisasi dengan perangkat anda.

Step 2 : Namun, jika ternyata komputer tersebut tidak pernah anda gunakan untuk sinkronisasi, secara otomatis iTunes akan meminta kode sandi, sebaiknya gunakan komputer lain, yang pernah anda sinkronisasi dengan perangkat anda.

Step 3 :Nah, jika komputer yang anda gunakan pernah di-sinkronisasi, otomatis iTunes akan melakukan sinkronisasi untuk membuat cadangan atau backup data untuk perangkat anda.

Step 4 : Setelah proses sinkronisasi atau penyelarasan selesai, selanjutnya pilih "Restore perangkat" (iPhone, iPad atau iPod Touch) terngantung device yang anda gunakan.

Step 5 : Silahkan anda menungu hingga proses pemulihan selesai, karena iTunes akan mendownload software iPSW dan akan meng-instalnya secara otomatis pada perangkat anda. lamanya proses ini juga tergantung dari kecepatan koneksi internet yang terhubung pada komputer yang digunakan.

iTunes Restore

Step 6 : Jika proses pemulihan atau restore berhasil, iTunes akan meminta anda untuk mengatur perangkat anda ke "Set Up as New iPhone" atau "Restore from iTunes backup." Untuk mendapatkan data anda kembali, sebaiknya pilih Restore, tapi pilih backup yang paling terbaru (Baca: Step 3 )

Cara Kedua menggunakan Fitur "Find My iPhone"

Cara ini, menggunakan layanan iCloud, karena selain berfungsi untuk meng-backup data-data dan melacak lokasi perangkat hilang, cara ini juga bisa anda gunakan untuk Menghapus atau meng-format perangkat anda, dengan metode remote. Tapi perlu anda ingat,  sebelumnya anda telah mengaktifkan fitur "Find My iPhone" yang ada di Aplikasi Setting - iCloud dengan menggunakan Apple iD.

Step 1: Jika anda merasa ragu, apakah anda pernah meng-aktifkan fitur ini di perangkat anda, silahkan anda cek terlebih dahulu dengan mengunjungi https://www.icloud.com/#find, Setelah itu web tersebut akan menampilkan form untuk login, silahkan anda login menggunakan Apple ID dan password anda.

Step 2 : Setelah Login ke iCloud melalui browses di komputer anda, silahkan periksa perangkat anda, klik "All Device" yang terletak pada bagian tengah atas jendela browser.

Step 3 : Klik perangkat (iPhone, iPad atau iPod) yang ingin anda hapus atau format, kemudian dilanjutkan dengan Meng-klik "Erase [Perangkat]", dengan cara ini semua data-data dan termasuk passcode juga akan terhapus.

Note : Tapi jika perangkat anda telah jailbreak, sebaiknya hindari menggunakan cara ini, karena bisa saja perangkat anda akan stuck di boot logo apple.

Cara Ketiga Menggunakan Pemulihan Perangkat (Recovery Mode).

Apa bila anda terkendala dalam menggunakan kedua cara sebelumnya, karena perangkat anda belum pernah melakukan sinkronisasi di iTunes dan mengatur iCloud pada perangkat.

Silahkan gunakan cara terkahir ini. Sama seperti cara pertama, kita tetap akan menggunakan iTunes yang terinstall pada komputer untuk melakukan pemulihan, tapi ada beberapa hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu, seperti perangkat anda harus berada pada posisi recovery Mode (menampilkan Gambar USB dan iTunes).

Step 1 : Kita akan memposisikan iPhone, iPad dan iPod ke Recovery mode, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini. bertujuan untuk menghindari iTunes meminta password kepada anda. Karena komputer yang anda gunakan belum pernah di-sinkronisasi sebelumnya.

Namun, perlu anda ketahui, ada dua metode pemulihan yang bisa anda pilih, pertama pemulihan otomatis dan yang kedua menggunakan metode manual.

  • Lepaskan kabel usb yang menghubungkan perangkat anda ke komputer.
  • Selanjutnya tekan tombol power/sleep untuk mematikan perangkat anda.
  • Jika perangkat benar-benar sudah tidak menyala lagi, tekan dan tahan tombol Home.
  • Masih dalam kondisi anda menekan dan menahan tombol home, sambungkan perangkat anda ke komputer menggunakan kabel USB, hingga perangkat anda menyala dengan sendirinya dan menampilkan gambar iTunes dan USB dan lepaskan tombol home.
  • Secara otomatis iTunes akan mendeteksi perangkat anda dalam recovery mode, dan membutuhkan pemulihan agar bisa digunakan kembali.
Reovery Mode iPhone, iPad dan iPod

Step 2 : Setelah perangkat anda berhasil memasuki Recovery mode,  Silahkan pilih "Recovery [Device]. ini menggunakan cara otomatis, karena iTunes akan mendownload ipsw terbaru dari server apple untuk perangkat.

Step 3 : Untuk menggunakan Cara manual, anda bisa mendownload file iPSW terbaru (Saat ini iOS 8.1.2) atau yang masih open signing secara terpisah. kemudian anda restore manual menggunakan iTunes.

Semua cara yang dijelakan diatas, akan menghapus semua data-data yang berada di perangkat anda. jadi jika anda mempunyai backup sebelumnya silahkan anda restore backup menggunakan iTunes. Tapi hampir kebanyakan pengguna untuk memperbaiki masalah ini menggunakan cara ketiga atau terakhir.

Jika masih ada pertanyaan terkait masalah ini, silahkan anda sampaikan melalui kolom komentar di Blog ini, saya akan senang hati akan membantu anda. 

58 Komentar untuk "Cara Memperbaiki iPhone, iPad dan iPod is Disabled atau Nonaktif"

gan apakah ke 3 cara di atas wajib mengetahui email yang terdaftar di server apple??? bagaimana jika pngguna pertama lupa dengan email tersebut?

jika lupa, satu2nya cara adalah mengingat, krn Apple mengamankan setiap iDevice dengan email dan password

gan iphone 4s ane stuck di logo apple, trus donlot manual ios 8.3, setelah masuk di dfu mode, trus recovery, ekstrak firmware, waiting device, dan akhirnya stuck di recovery ( di layar ada gbr kabel usb mengarah ke itunes) gimana gan solusinya?

coba tekan tombol ama power secara bersamaan, sampe ipinnya restar

stuck di error 9 gan belum sampai sukses restore

Error 9 adalah yang paling rumit gan, hingga saat ini klu dapat error 9 di iTunes kemungkinan besar terletak pada kerusakan hardware

Iphone terblokir msh bisa dibuka.? Atw pilihan terburuk nya only wifi atw ipod touch.. bener gan.??

kalau pakai cara yang k 3 apakah masih memerlukan id dan pass apple?

tetep gak bisa, katanya tetep disable gimana ini?

apakah usb yg di gunakan harus yang original???
sebab itunes tidaak mendeteksi perangkat...
gmna gan penjelasannya thanks....

Gan kalo stuck di error -39 malsudnya apa yaa?

work gan, tapi kenapa pas set up awal harus masukan id apple yg pertama. saya tidak tau ID nya


mohon pencerahanya

gan mau nanya,ane mau restore aphone 4 tapi kondisi touch screen mati,sudah dicoba restore masih stuck di logo apple.ada solusi?

saya nemu ipod tapi tidak bisa di apa apain,gimana ni? mohon pencerahannya,tks.

gan,,, cara ketiga kurang jelas,,, gak ngerti saya

cara ketega nya tolong jelasin mas...

Gan udah coba caraa yang ke tiga tapi ttp aja hp nya mati gan. Cuma muncu gbr mengisi tp saya tunggi berjamjam ttp gaak bisa hidup gan. Komputernya jg gak bisa deteksi iphonenya pas di saambungin usb

Ane pake iphone istri ane yg dikunci dengan passcode .
Sedangkan ane gak tau email icloud dan iTunes nya gatau .
Gimana cara membukanya gan

Ipad sy disabled dan hrs connect ke itunes. Mslhnya laptop sdh di install ulang. Sdh erase device di app find my iphone.
Ada notif br kehapus stlh ipad connect ke inet. Tp ipad msh dlm kondisi disabled. Bgmn solusinya gan? Help pls. Tks before.....

gak usah gan, ane juga pakenya acer, bisa tuh.

thank's ilmunya gan. Saya akan coba pas sampai rumah karena Ipod saya minta pasword terus sementara saya tidak tahu

Saya ada ipad 4 ke blokir pas masukin password lock screen, akan tetapi ipad nya blm pernha sinkron degang komputer mana pun, dan gak di back up datanya di icloud. Akan tetapi saya tidak mau data nya hilang. Ada cara laen selain 3 cara diatas? Terima kasih
Mohon pencerahannya hahahha..

hanya tiga cara diatas untuk memperbaiki iPhone atau iPad yang disable, tidak ada lagi cara lainnya

itu artinya activatin lock, mesti menggunakan Apple id yang tertaut dengan perangkatnya yang bisa mengaktifkan iPhone atau iPadnya

iphone 4s saya ios9,,apa bisa firmware ini digunakan,,krn iphone saya disabled,,perintahnya connect ke itunes...thanks

mhon bantuannya ya... apa cara yg ketiga tidak mminta id apple at icloud pas mw reset?

kalo iphonenya benar benar nonaktif (gak ada tulisan "waktu nunggu beberapa menitnya" gimana??. jadi tuh kalo kita masukin psswordnya salah ada tulisan iphone nonaktif trus ada tulisan tunggu 1 menit misalnya. nah kalo ihone saya ga ada tunggu beberapa menit. jadi iphone saya benar benar nonaktif. saya juga curiga sama teman saya

tergantung, apakah icloudnya sudah diaktifkan atau tidak

saat ini gunakan iOS 9 versi terbaru, 9.2.1

sepertinya sudah dimasukka passcode berkali-kali, sebaiknya restore pake cara ke-3

kalo masih error juga gimana gan ?

iphone 4 saya disable, harus connect ke itunes, saya coba pake cara yg recovery mode, pas lg restore tau2 iphonenya nyala trus di layar itunes muncul "cannot connect to iphone because it's passcode lock blablabla... sementara dilayar iphonenya masih "iphone disable try connect to itunes" itu kenapa ya? jd proses restorenya ga jelas

iphone 4 saya disable, harus connect ke itunes. Saya coba pake yang recovery mode. Tapi pas lagi proses restore, tau2 iphone saya nyala lagi dan muncul lagi tulisan iphone disable. Sementara dilayar itunes saya muncul itunes cannot connect to iphone because it's passcode lock blablabla...jadi proses restore saya ga jelas. Itu kenapa ya?

gan iphone ane error 48 pas recoveri mode,gmana solusinya gan ?

Gan kalo misalkan lagi restore tiba tiba dia restart ke locksreenn lagi.. Mending ulang caranya.. Nnti unduhannya tetep lanjut kok... Pokoknya ulang terus caranya smpe unduhan selesai kalo unduhan selesai.. Otomatis hp nya bisa lgi kaya baru

gan untuk cara yang ke 3, pc harus terhubung ke internet atau tidak .? makasih

boss jika di pulihkan lewat itunes tapi sebelum selesai download perangkat keluar dgn sendirinya gimana solusinya boss..

Selamat pagi bos...saya sdh gunakan tiga cara di atas untuk ipad mini saya...tapi tidak bisa. gimana/

kakkk tolong bgttt, semua data sekolah saya di iphone ini. sekarang disabled 52 minutes. pake cara ke berapa? dan jangan hilang datanya gimana ya? TOLONG KAK:(

kak, kalau iphone 5 sudah disable terus lupa id sama passwordnya caranya bagaimana untuk aktifkan iphonenya lagi?

Gan ane punya ipod touch,,, di layar tertulis ipod is disable
Ane coba pulihin pake cara yang ke-3 ,,, udah ampe download software trus pengambilan perangkat lunak ampe penginatallan... Eh malah muncul tulisan ipod tidak dapat di perbaharui... Tu kira2 agan ada solusi gak? Mohon wangsitnya...

Halli min ane pnya problem gini,,ipad 3 ane lupa password icloudx,,sering muncul di layar minta trus pass,,krna lupa ane akhirx mutusin update dn recovery lewat itunes,,catatan : find my phone ane lupa matikan,smw berjalan lancar update dn recoverx,,tp pas mw sett masuk trnyata msh minta email dn password icloud yg lupa td min,,itu gmna yaa?apa ada cara lain buat aktifin ipadx min?mhn bantuanx

Trus itu ada cara lain ga min ngatasix?ane jg pnya msalah kek gt pas slese set up msh mnta apple id yg lama yg sudah lupa passwordx

Coba inget" id applenya dan reset enailnya lewat pc hbis itu tinggal masuk ja ke iphone nya.

Nah itu dy email dn password da lupa kbtln itu beli bekas yg pnya dlu jga sdh lupa email dn passwordxx

gan. saya iphone 6. waktu itu saya mencoba mengganti touch id nya. sewaktu mengganti touch id, iphone saya meminta masukkan pass icloud nya. namun, saya menekan membatalkannya. kemudian, saya melock iphone saya. dan akhirnya sewaktu saya ingin membuka iphone saya, saya memasukkan kata sandi nya, salah" semua. akhirnya iphone saya ter nonaktifkan. apakah cara anda ini bisa menanggani iphone saya?
tolog bantu ya gan

gan sya mau tanya kmrin iphon sya d reset ulang tpi jdi IPHON IS DISABLED gmna cra ngatasinya

kenapa tetap non aktif hpnya gan saya sudah pakai cara ketiga

kagak ada yg berhasil..malah sekarang muncul gambar usb dan logo itunes -__-

bang kok saya gak bisa masuk reocvery modenya padahal uda tekan tombol home

Jika error 1671 apa artiny gan

Saya sudah mencoba cara ke 3, dan muncul "mode pemulihan iphone" pada itunes dan saya menekan "pulihkan iphone" dan semuanya berjalan tetapi pas akhir iphone saya kembali lagi menjadi "iphone is disabled connect to itunes" gimana tuh gan?

coba sebelum restore, di dfu mode iPhonennya

alhamdulillah berhasil.
buat yg msh gagal mungkin saja bisa berhasil pake cara dr ane.

1.pastikan hh kalian kedetect sm pc. pasti muncul tuh di layar pc klo dah sync.
2.restorenya offline aja. jd kalian dnlod dlu tuh file iPSW nya. biar skali nunggu lgsg jadi. jg meminimalisir kegagalan/error. & lbh cepat prosesnya.
3.jgn lupa bdo'a. hehee

kalo yg msh inget sm ID Apple. & mau restore jgn lupa backup dulu datanya. biar ga nyesel. trs tgl restore lewat itunes.

bg yg lupa ID nya. kalian msh bs restore backup data ke pc pake dr.fone toolkit . dr situ kita jg bs reset & restore data backupan. malah kita jg ga perlu dnlod file iPSW. (dg iPhone yg belum terJB).
cari aja dr.fone toolkit di google.
itu cara trhir klo klian ggal restore pake itunes.
smoga mmbantu.
alhamdulillah berhasil.
buat yg msh gagal mungkin saja bisa berhasil pake cara dr ane.

1.pastikan hh kalian kedetect sm pc. pasti muncul tuh di layar pc klo dah sync.
2.restorenya offline aja. jd kalian dnlod dlu tuh file iPSW nya. biar skali nunggu lgsg jadi. jg meminimalisir kegagalan/error. & lbh cepat prosesnya.
3.jgn lupa bdo'a. hehee

kalo yg msh inget sm ID Apple. & mau restore jgn lupa backup dulu datanya. biar ga nyesel. trs tgl restore lewat itunes.

bg yg lupa ID nya. kalian msh bs restore backup data ke pc pake dr.fone toolkit . dr situ kita jg bs reset & restore data backupan. malah kita jg ga perlu dnlod file iPSW. (dg iPhone yg belum terJB).
cari aja dr.fone toolkit di google.
itu cara trhir klo klian ggal restore pake itunes.
smoga mmbantu.

gan setelah di klik recovery mode muncul tulisan "the ipad software update server could not be contacted" padahal udah connect internet juga gan. apa udah gabisa di restore?

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top