Cara Menghubungkan Controller (Stik) Playstation 3 Dengan Mac OS X

Cara Menghubungkan Controller (Stik) Playstation 3 Dengan Mac OS X - Kita semua sudah tahu jika di mac os x banyak game-game yang bagus dengan dukungan grafik yang tinggi apalagi jika anda Bermain game menggunakan stik ps3 di mac os x sepertinya membuat sebuah pengalaman baru untuk anda. Menghubungkan stik atau controller PS 3 dengan Mac OS X sebenarnya cukup sederhanan, tapi ini tergantung juga dari versi OS X yang dijalankan di mesin mac anda.

Hal yang perlu anda ketehui sebelum memulai, anda membutuhkan versi modern atau terbaru dari OS X, dengan dukungan Bluetooth dan pastinya stik PS3 dengan kemampuan nirkabel, anda juga harus mempersiapkan kabel usb yang biasa digunakan untuk menghubungkan stik dengan konsol game atau port usb untuk melakukan pengisian. Tapi kabel usb disini hanya diperlukan untuk melakukan konfigurasi awal dari stik PS 3, karena setup akan menggunakan koneksi nirkabel menggunakan bluetooth antara mac dan stik ps3. atau hanya diperlukan untuk melakukan pengisian ulang baterai di stik PS3.


Tapi, sayang tidak semua game dan aplikasi yang tersedia di Appstore mac, support dengan stip PS3, ini berarti anda perlu mencari dan menginstall game baru yang telah support dan kemudian bisa anda mainkan dengan controller PS3 yang terhubung dengan mesin mac anda.

Pada dasarnya, proses untuk menghubungkan dan menggunakan stik atau controller PS3 dengan Mac hampir sama dengan setiap versi diatas Lion, termasuk Mountain lion 10,8, Mavericks 10.9 , Yosemite 10.10.

Step 1 : Sebaik, Jangan hubungkan stik PS3 anda dengan mac os x menggunakan kabel usb selama proses setup.

Step 2 : Di Mac anda, silahkan Buka menu  Apple, kemudian pilih “System Preferences” dan “Bluetooth”

Step 3 : Selanjutnya, silahkan aktifkan Bluetooth di mac anda, bisa juga langsung dari menu bar, jika anda belum mengaktifkan sebelumnya.

Step 4 : Nah, pada proses ini silahkan hubungkan Stik PS 3 anda dengan MAC menggunakan kabel USB

Step 5 : Pada stik Playstation 3, anda akan menemukan  sebuah tombol yang berada di tengah dan berbentuk bulat, tekan tombol tersebut untuk menyalakannya. lampu stik akan berkedip karena telah terpasang dengan MAC, kemungkinan panel “preference” akan menanpilkan perangkat tapi belum terhubung sebagai “pair” antara mac dan gamepad PS3.

Step 6 : Tunggu hingga “PLAYSTATION (r) 3 Controller” tampil di daftar perangkat Bluetooth, dengan status “Connected” setelah anda melihat status tersebut, anda bisa tidak menghubungkan lagi sti PS 3 anda dengan kabel USB.

Nah, sekarang stik Playstation 3 telah terhubung dengan mac, anda bisa menggunakannya bermain game atau aplikasi yang telah mendapat dukungan controller (Stik). selanjutnya silahkan konfigurasi stik anda pada setiap yang terdapat pada masing-masing game.

5 Komentar untuk "Cara Menghubungkan Controller (Stik) Playstation 3 Dengan Mac OS X"

di OS X yosemite tidak terdeteksi Playstation(R)3 Controller di system preferencesnya gan, ada solusi?

sudah gan ane di imac jadi bluetooth selalu nyala, gak nongol terus, mohon pencerahan gan

gan kale make controller biasa yang pake usb bisa gak ya pair ke mac, moon pencerahannya gan

klo gamepad nya bisanya wireless gimana bisa gak pls jawab

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top