2 Cara Mengambil Screenshot di iPhone dan iPad

2 Cara Mengambil Screenshot di iPhone dan iPad - Banyak alasan mengapa pengguna ingin mengambil screenshoot di iPhone atau iPad mereka, biasanya bertujuan untuk memperlihatkan apa yang anda lihat pada layar perangkat anda ke pengguna lain, yang dibagikan melalui sosial media atau aplikasi chat. seperti menampilkan score yang anda capai pada permainan game tertentu, atau riwayat chat testimoni dari pelanggan anda, jika ternyata memiliki toko online.

Saat ini, android ataupun iOS, keduanya memiliki kemampuan untuk menjepret layar atau dikenal dengan istilah screenshot, tapi ponsel berbasis android biasanya memiliki beberapa cara yang berbeda pada masing-masing perangkat, tergantung dari merek dan vendor. Khusus untuk iPhone dan iPad secara umum memiliki cara yang sama untuk mengambil screenshot. Nah, terdapat dua cara yang bisa yang bisa digunakan oleh pengguna.

2 Cara Mengambil Screenshot di iPhone dan iPad

Pertama dengan menggunakan kombinasi tombol harware dan kedua sama sekali tidak menggunakan tombol, tapi anda harus mengaktifkan sebuah fitur tombol virtual yang dikenal dengan nama assistive touch, fitur ini adalah bawaan iOS jadi semua model iPhone 4, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 dan 6 plus bahkan iPhone 7( yang membedakan hanya letak tombol power) atau iPad terbaru bisa mengaktifkan fitur ini. Selajutnya kita akan mebahas lebih dalam kedua cara ini.

Screenshot menggunakankan tombol power dan home.

Step 1: Silahkan anda menuju ke layar yang ingin anda screenshot, bisa dalam keadaan sedang bermain game atau membuka aplikasi.

Step 2: Tekan tombol power dan home secara bersamaan dengan cepat, selanjutnya anda akan melihat layar iPhone atau iPad anda akan berkedip yang menandakan jika perangkat anda sedang menjepret layar perangkat anda, dan lepaskan kedua tombol tersebut.

Hasil foto screenshot bisa anda temukan pada aplikasi foto, dalam folder khusus, selanjutnya anda bisa membagikannya ke siapa saja melalui aplikasi media sosial atau aplikasi chat.

Screenshot tanpa tombol (menggunakan assistive touch).

Cara ini sangat cocok jika ternyata salah satu tombol power atau home sudah tidak berfungsi dengan baik, sehingga sangat sulit mengambil screenshot di perangkat anda. Tapi silahkan anda aktifkan terlebih dahulu fitur tombol virtual di perangkat anda. untuk mengaktifkannya silahkan anda ikuti panduan dibawah ini.

Buka Setting, kemudian pilih bagian "Umum atau general", gulir ke bawah hingga anda menemukan "Aksesibilitas", silahkan anda buka dan pada opsi  assistive touch silahkan anda aktifkan.

anda akan melihat sebuah tombol berbentuk lingkaran atau bulat berwarna putih yang terdapat pada tepi layar perangkat anda, anda bisa memindahkannya dengan menggeser posisinya, jika ternyata lokasi pada layar perangkat anda dianggap mengganggu. karena fitur ini akan tampil secara realtime saat sedang bermain game atau membuka aplikasi di iPhone atau iPad anda.

Silahkan anda tap sekali fitur assistive touch yang telah anda aktifkan sebelumnya, selanjutnya anda akan melihat beberapa menu, pilih bagian "Device" dilanjutkan ke opsi "More" dan tap pada menu "screenshot" untuk mengambil foto pada layar iPhone atau iPad anda.
0 Komentar untuk "2 Cara Mengambil Screenshot di iPhone dan iPad"

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top