Mac dan iOS Terancam Bugs Meltdown dan Spectre

Mac Dan iOS Terancam Bugs Meltdown dan Spectre - Baru baru ini, sebuah kelompok peneliti di bidang khusus keamanan teknologi cyber menemukan beberapa celah keamanan yang biasa dikenal dengan bugs pada prosesor Intel, AMD, dan juga ARM. Bug ini bernaman Meltdown dan Spectre dan cukup berbahaya karena bisa mengancam sistem keamanan di hampir semua perangkat komputer dalam 20 tahun terakhir, tak terkecuali perangkat buatan Apple seperti Mac OS dan iOS.


Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Apple kepada publik, jika pihaknya memastikan jika semua perangkat seperti Mac dan iOS, terancam oleh celah keamanan tersebut. Awalnya pihak Apple tidak membuka suara, terkait masalah ketika publik mulai ramai membicarakan masalah keamanan ini.

Dan faktanya Apple adalah perusahaan teknologi terakhir yang membuka suara terkait bugs Meltdown dan Spectre, padahal sudah banyak rumor dan kabar yang tersebar, yang menyatakan jika perangkat Apple juga terkena dampak dari celah keamanan ini.

Meskipun perangkat buatan Apple juga terancam dengan Meltdown dan Spectre, namun hingga saat ini belum ada kejadian yang dilaporkan oleh pengguna. Apple menyarankan pengguna mac dan iOS untuk mendownload dan menginstall aplikasi dari sumber terpercaya, seperti toko aplikasi Appstore, karena  Meltdown dan Spectrebisa menyusup dan menyeran kedalam system melalui malware.

Beberapa perusahaan teknologi seperti microsoft, telah bergerak lebih dulu dengan merilis sebuah patch untuk sistem keamanan windows 10 dan di susul oleh perusahaan dibalik aplikasi web browser Mozillah dan Google Crome juga melakukan pencegahan untuk Bugs berbahaya ini.

tapi perlu anda ketahui jika masih ada satu perangkat yang tidak akan terancam oleh celah keamanan ini, yaitu Apple Watch. peneyabab kenapa perangkat Apple seperti mac dan ios bisa terkena dampak dari bugs ini karena kebanyakan menggunakan prosesor atau chip dari ARM dan Intel.

Pihak Apple saat ini dikabarkan sedang bekerja keras untuk menutup celah keamanan Meltdown dan Spectre, dengan merilis sejumlah patch di iOS 11.2, macOS 10.13.2 dan tvOS 11.2 dan juga pada aplikasi browser safari, untuk menghadang celah keamanan ini menyerang pengguna perangkat Apple, Untuk bugs Spectre, dapat mempengaruhi Mac OS dan iOS melalui browser dari sebuah kode yang dijalankan.
0 Komentar untuk "Mac dan iOS Terancam Bugs Meltdown dan Spectre"

Jika anda pertanyaan silahkan :

Follow Twitter Blog https://twitter.com/netheroes @netheroes

Like Fans Page Blog ini di https://www.facebook.com/hyllalnetheroesblogspot

Tambahkan juga di Google+ https://plus.google.com/+HyllalApple

Back To Top